Selasa, 28 Oktober 2014

Sistem I/O

Sistem Input Output

Sistem Input Dan Output Komputer atau sering juga disingkat dengan I/O adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya). Fungsi I/O pada dasarnya adalah mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi. Hal ini dikarenakan kode apliksi sangat fleksibel, dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crash.

Teknik Pengoperasian Perangkat I/O

a. Perangkat I/O terprogram (programmed I/O)

Merupakan perangkat I/O komputer yang dikontrol oleh program. Contohnya, perintah mesin in, out, move. Perangkat I/O terprogram tidak sesuai, untuk pengalihan data dengan kecepatan tinggi karena dua alasan yaitu:
  • Memerlukan overhead (ongkos) yang tinggi, karena beberapa perintah program harus dieksekusi untuk         setiap kata data yang dialihkan antara peralatan eksternal dengan memori utama.
  • Banyak peralatan periferal kecepatan tinggi memiliki mode operasi sinkron, yaitu pengalihan data dikontrol oleh clock frekuensi tetap, tidak tergantung CPU.
b. Perangkat berkendalikan interupsi (Interrupt I/O)

Interupsi lebih dari sebuah mekanisme sederhana untuk mengkoordinasi pengalihan I/O. Konsep interupsi berguna di dalam sistem operasi dan pada banyak aplikasi kontrol di mana pemrosesan rutin tertentu harus diatur dengan seksama, relatif peristiwa-peristiwa eksternal.

c. DMA (Direct Memory Address)

Merupakan suatu pendekatan alternatif yang digunakan sebagai unit pengaturan khusus yang disediakan untuk memungkinkan pengalihan blok data secara langsung antara peralatan eksternal dan memori utama tanpa intervensi terus menerus oleh CPU.
Evolusi telah terjadi pada sistem komputer. Evolusi antara lain terjadi peningkatan kompleksitas dan kecanggihan komponen-komponen sistem komputer. Evolusi sangat tampak pada fungsi-fungsi I/O, yaitu sebagai berikut:
  • pemroses secara langsung mengendalikan peralatan I/O. Teknik ini masih dilakukan sampai saat ini, yaitu untuk peralatan sederhana yang dikendalikan mikroprosesor untuk menjadi intelligent device.
  • Peralatan dilengkapi pengendali I/O (I/O controller). Pemroses masih menggunakan I/O terprogram tanpa interupsi. Pada tahap ini, pemroses tak perlu memperhatikan rincian-rincian spesifik interface peralatan.
  • Tahap ini sama dengan tahap 2 ditambah fasilitas interupsi. Pemroses tidak perlu menghabiskan waktu untuk menunggu selesainya operasi I/O. Teknik ini meningkatkan efisiensi pemroses.
  • Pengendali I/O diberi kendali memori langsung lewat DMA. Pengendali dapat memindahkan blok data ke atau dari memori tanpa melibatkan pemroses kecuali di awal dan akhir transfer.
  • Pengendali I/O ditingkatkan menjadi pemroses yang terpisah dengan instruksi-instruksi khusus yang ditujukan untuk operasi I/O. Pemroses pusat mengendalikan/memerintahkan pemroses I/O untuk mengeksekusi program I/O yang terdapat di memori utama.
  • Pemroses I/O mengambil dan mengeksekusi instruksi-instruksi ini tanpa intervensi pemroses utama (pusat). Dengan teknik ini dimungkinkan pemroses pusat menspesifikasikan barisan aktivitas I/O dan hanya diinterupsi ketika seluruh barisan telah diselesaikan.
  • Pengendali I/O mempunyai memori lokal yang menjadi miliknya dan komputer juga memiliki memori sendiri. Dengan arsitektur ini, sekumpulan besar peralatan I/O dapat dikendalikan dengan keterlibatan pemroses pusat yang minimum.
Perangkat Sistem I/O

A. Klasifikasi Perangkat I/O
Pengelolaan perangkat I/O merupakan aspek perancangan sistem operasi yang
terluas karena beragamnya peralatan dan begitu banyaknya aplikasi dari peralatanperalatan
itu.
Manajemen I/O mempunyai fungsi, di antaranya:
- Mengirim perintah ke perangkat I/O agar menyediakan layanan.
- Menangani interupsi peralatan I/O
- Menangani kesalahan pada peralatan I/O
- Memberi interface ke pemakai.
Berdasarkan sasaran komunikasi, klasifikasi perangkat I/O dibagi menjadi:

a. Peralatan yang terbaca oleh manusia (Human Readable Machine)
Yaitu, peralatan yang cocok untuk komunikasi dengan user. Contohnya, Video
Display Terminal (VDT) yang terdiri dari layar, keyboard, dan mouse.
b. Peralatan yang terbaca oleh mesin (Machine Readable Machine)
Yaitu peralatan yang cocok untuk komunikasi dengan peralatan elektronik.
Contohnya disk dan tape, sensor, controller.
c. Komunikasi
Yaitu, peralatan yang cocok untuk komunikasi dengan peralatan-peralatan jarak
jauh. Contohnya modem.
Terdapat perbedaan-perbedaan besar antarkelas peralatan tersebut. Bahkan untuk
satu kelas saja terdapat berbedaan sangat besar. Perbedaan-perbedaan pokok antara
lain mengenai:
- Data rate
- Aplikasi
- Kompleksitas pengendalian
- Unit yang ditransfer
- Representasi data
- Kondisi-kondisi kesalahan

Modul Sistem I/O

Fungsi Modul I/O
Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas
pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register
CPU.Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan
Memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi – fungsi pengontrolan.

Fungsi dalam menjalankan tugas bagi modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa katagori,
yaitu:
• Kontrol dan pewaktuan.
• Komunikasi CPU.
• Komunikasi perangkat eksternal.
• Pem-buffer-an data.
• Deteksi kesalahan.

I/O Terprogram

Pada I/O terprogram, data saling dipertukarkan antara CPU dan modul I/O. CPU mengeksekusi program yang memberikan operasi I/O kepada CPU secara langsung,seperti pemindahan data, pengiriman perintah baca maupun tulis, dan monitoring perangkat. Kelemahan teknik ini adalah CPU akan menunggu sampai operasi I/O selesai dilakukan modul I/O sehingga akan membuang waktu, apalagi CPU lebih cepat proses operasinya.

Kesimpulan: Sebuah sistem tidak terlepas dari Input dan Output. Sistem I/O merupakan komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register-register CPU. Sistem I/O juga memerlukan perangkat yang merupakan aspek perancangan sistem operasi yang terluas karena beragamnya peralatan dan begitu banyaknya aplikasi dari peralatanperalatan itu.



Kamis, 01 Mei 2014

Manusia dan Penderitaan.

Penderitaan Nabi Muhammad SAW Menjelang Ajalnya

A. Penderitaan
Penderitaan adalah sebuah keniscayaan, yang menimpa setiap mahluk hidup. Dengan demikian penderitaan menurut saya adalah sesautu yang harus diterima dan harus dinikmati sebagai sebuah konsekuensi hidup. Kenikmatan, kebahagiaan tidak akan terasa tanpa pernah kita mengalami sebuah penderitaan. Persoalannya adalah bagaimana cara kita memandang dan memperlakukan penderitaan itu untuk kekuatan kita.
Tidak akan ada yang terbebas dari penderitaan atau masalah selama menjalani kehidupan di dunia ini. Karena dunia adalah tempat bertemunya kesenangan dan penderitaan. Semua orang akan mengalami penderitaan dalam hidupnya. Yang membedakan bagaimana cara menyikapinya. Menjadikan penderitaan sebagai masalah yang menyakitkan atau penderitaan sebagai obat yang menyembuhkan jiwa.

Hakekat penderitaan
  • Dikhotomi, artinya penderitaan dan kebahagian memiliki hubungan yang saling berkesinambungan dari pengalaman hidup manusia, tidak ada penderitaan jika tidak ada kebahagian
  • Universal, unik , spesifik artinya bahwa seluruh manusia yang ada di dunia pasti tahu (mengenal, mengerti arti penderitaan. Setiap orang pernah merasakan menderit, berat-ringannya dipersepsi secara individual.
  • Kontradiktif, artinya penderitaan secara jasmani akan mendatangkan kebahagian secara rohani dan penderitaan duniawi akan mendatangkan kebahagian akhirati.
B. Siksaan
Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan jasmani dan rohani. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbullah penderitaan. Siksaan digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban. Segala tindakan yang menyebabkan penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis, yang dengan sengaja dilakukkan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi, balas dendam, hukuman, sadisme, pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan palsu untuk propaganda atau tujuan politik dapat disebut sebagai penyiksaan.

C. Penderitaan Nabi Muhammad SAW menjelang ajalnya
Nabi Muhammad SAW merupakan nabi besar agama islam dan nabi yang terakhir. Ditegaskan dalam agama Islam bahwa tidak akan ada lagi nabi setelah Nabi Muhammad. Beliaulah yang menyempurnakan agama Islam, seperti yang tertera pada firman Allah:

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu.” (Al-Maaidah: 3)

Islam telah sempurna. Tetapi, dalam mengemban tugasnya, beliau mengalami banyak sekali halangan. Beliau diasingkan, dicaci-maki, diincar untuk dibunuh, dan rintangan yang lainnya. Usai menyelesaikan tugas nya dalam menyebarkan agama Islam, beliau merasa waktunya didunia ini hanya tinggal sebentar.

D. Detik-detik Menjelang Sakaratul Maut
Dikisahkan saat itu beliau sedang sakit keras. Banyak tabib-tabib berusaha untuk menyembuhkan tetapi kondisi beliau tak kunjung membaik. Rasul sempat memberikan khutbah singkat yang berisi : “Wahai umatku, kita semua ada dalam kekuasaan Allah dan Cinta Kasih-Nya. Maka taati dan bertakwalah hanya kepada-Nya. Kuwariskan dua hal pada kalian, Sunnah dan Al-Qur’an. Barang siapa yang mencintai Sunnahku berarti mencintai aku, dan kelak orang-orang yang mencintaiku, akan bersama-sama masuk surga bersama aku".
Khutbah singkat itu diakhiri dengan pandangan mata Rasullah yang teduh menatap sahabatnya satu persatu. Abu Bakar menatap mata itu dengan berkaca-kaca. Umar dadanya naik turun menahan nafas dan tangisnya. Ustman menghela nafas panjang dan Ali menundukan kepalanya dalam-dalam. “Rasulullah akan meninggalkan kita semua,” itulah yang dipikirkan sahabat saat itu.
Diceritakan kembali saat beliau sedang istirahat dirumahnya ditemani oleh anaknya, Fatimah. Seseorang datang mengucapkan salam untuk meminta izin masuk kerumah. Tapi Fatimah tidak mengijinkannya masuk, “Maafkanlah, ayahku sedang demam,” kata Fatimah yang membalikkan badan dan menutup pintu. Kemudian ia kembali menemani ayahnya yang ternyata sudah membuka mata dan bertanya kepada Fatimah.
Rasul pun menjelaskan: “Ketahuilah, dialah yang menghapuskan kenikmatan sementara, dialah yang memisahkan pertemuan di dunia. dialah Malaikat Maut,” kata Rasulullah. Fatimah pun menahan tangisnya.
Detik-detik semakin dekat, saatnya Izrail melakukan tugas. Perlahan Ruh Rasulullah ditarik. Tampak seluruh tubuh Rasulullah bersimbah peluh, urat-urat lehernya menegang.

“Jibril, betapa sakit sakaratul maut ini,” ujar Rasulullah mengaduh lirih.

Fatimah terpejam, Ali yang di sampingnya menunduk semakin dalam dan Jibril memalingkan muka.

“Jijikkah engkau melihatku, hingga kaupalingkan wajahmu, wahai Jibril?” tanya Rasulullah pada malaikat pengantar wahyu itu.

Siapakah yang tega, melihat kekasih Allah direngut ajal,” kata Jibril.

Sebentar kemudian terdengar Rasulullah memekik karena sakit yang tak tertahankan lagi.

“Ya Allah, dahsyat nian maut ini, timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku, jangan kepada umatku.”

Badan Rasulullah mulai dingin, kaki dan dadanya sudah tak bergerak lagi. Bibirnya bergetar seakan hendak membisikan sesuatu, Ali segera mendekatkan telinganya.


“Peliharalah shalat dan santuni orang-orang lemah diantaramu”

Di luar pintu, tangis mulai terdengar bersahutan, sahabat saling berpelukan. Fatimah menutupkan tangan diwajahnya, dan Ali kembali mendekatkan telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan.
            Itulah penderitaan Rasulullah saat menjelang sakaratul mautnya. Beliau merasakan sakit dan siksaan yang luar biasa, tetapi beliau lebih memilih menimpakan rasa sakitnya itu kepada dirinya dan tidak kepada umatnya. Nabi Muhammad yang merupakan kekasih Allah tersebut bahkan merasakan sakit yang luar biasa saat sakaratul mautnya, bagaimana dengan kita. Sikap dan perilaku kita tidaklah lebih baik dari beliau dan bahkan lebih buruk. Penderitaan dan siksaan apa yang akan kita rasakan saat menghadapi sakaratul maut nanti? Wallahualam.

Sumber :
- http://artikel.sabda.org/penderitaan 
- http://filsafat.kompasiana.com/2014/02/27/penderitaan--635082.html
- Ensiklopedi Islam untuk Anak














Kamis, 24 April 2014

Keindahan Taman Nasional Gunung Bromo-Tengger-Semeru

 A.   Keindahan
Keindahan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus, benar, dan elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Keindahan merupakan kecantikan ideal adalah sebuah entitas yang dikagumi dala, suatu budaya tertentu dalam suatu kebudayaannya.
Keindahan juga identik dengan suatu objek sehingga dinamakan objek keindahan. Objek keindahan tersebut bermacam-macam, bisa berupa lukisam, bangunan, nyanyian, hasil karya manusia, pemandangan, maupun tempat wisata. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang Taman Nasional Bromo dan keindahannya.

B.      Taman Nasional Gunung Bromo-Tengger-Semeru
Taman Nasional Gunung Bromo ini terletak di Propinsi Jawa Timur. Secara fisiografis, dua pertiga wilayah daratan utama Jawa Timur merupakan pegunungan dan perbukitan dengan lereng-lereng yang terjal. Gunung tertinggi disini adalah G. Semeru dengan puncaknya G. Mahameru (3.676 m), yang sekaligus gunung tertinggi di pulau Jawa. Bersama dengan kelompok Tengger (G. Bromo, G. Pananjakan, G. Batok, dan G. Widodaren), G. Semeru dan G. Bromo dijadikan Taman Nasional Gunung Bromo-Tengger-Semeru.
Setiap tanggal 14 bulan 10 kalemder Jawa, masyarakat Tengger melakukan upacara Kasodo. Pada upacara tersebut, masyarakat Tengger beramai-ramai memikul sebagian hasil panen dan ternak ke puncak G. Bromo sebagai persembahan kepada Yang Maha Kuasa. Upacara yang diiringi gemuruh kawah gunung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
Taman Nasional ini memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana, dan sub-alphin dengan pohon besar dan berusia ratusan tahun. Taman Nasional ini memiliki tempat untuk melihat keindahan pemandangan deretan gunung-gunung yang ada dari kejauhan. Tempat ini berlokasi diseberang dari deretan gunung dan padang pasir, serta bertempat cukup tinggi sehingga kita tidak perlu melihat keatas untuk melihat deratan gunung itu. Tempat ini sangat dingin dan  sangat strategis untuk melihat matahari terbit maupun matahari terbenam. Sehingga pada waktu-waktu tersebut lah tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.
Taman nasional ini memiliki objek wisata lainnya seperti padang pasir luas yang terletak di kaki gunung. Di padang pasir ini mempunyai aktifitas yang menyenangkan seperti berkuda, menulis di pasir, maupun berkendara off-road melewati bukit-bukit pasir menggunakan mobil jeep yang bisa disewa dari masyarakat sekitar.
Di Taman Nasional ini para wisatawan juga dapat mendaki G. Bromo untuk melihat kawah. G. Bromo yang sampai sekarang ini merupakan gunung yang masih aktif ternyata meiliki kawah yang besar. Ketinggian gunung pun seperti terkikis akibat letusan-letusan gunung yang kerap terjadi. G. Bromo ini juga diselimuti oleh pasir-pasir vulkanik berwarna putih keabuan sehingga harus berhati-hati agar tidak sampai terjatuh ke dalam kawah. Mengerikan!
Selain itu objek wisata yang lainnya adalah Padang Rumput Teletubies yang indah dan sejuk . Padang ini penuh dihiasi oleh rumput-rumput yang memiliki berbagai macam ketinggian. Tempat yang cocok untuk berfoto dan bersantai. Sayangnya padang rumput ini terletak cukup jauh dari keramain G. Bromo sehingga cukup jarang didatangi para wisatawan.

                                                   Pemandangan Bromo-Tengger-Semeru



C.      Nilai Estetika
Taman Nasional ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan suhu nya yang dingin pada pagi hari dan sejuk pada siang harinya. Sangat cocok bagi kita yang ingin melupakan kesibukan untuk sementara dan menikmati pemandangan sunset atau sunrise dan hawanya yang dingin. Untuk memacu adrenalin anda dapat berkendara off-road melewati bukit-bukit pasir memakai mobil jeep. Banyak wisatawan lokal maupun luar negeri ingin melihat pemandangan deretan gunung-gunung ini.
 Taman Nasional ini tidak memiliki hotel ataupun tempat menginap lainnya karena untuk mejaga keasriannya, dan menurut saya itu merupakan nilai yang positif. Dengan kata lain jika ingin mengunjungu tempat ini, wisatawan dapat menginap di kota Malang dan harus berangkat pagi-pagi sekali jika ingin melihat sunrise. Kedengarannya memang sedikit berat, tapi memang menyenangkan bisa datang berkunjung ke Taman Nasional ini.

D.      Keserasian
Bromo-Tengger-Semeru bisa dibilang merupakan lokasi wisata yang langka. Karena anda bisa melihat 6 macam gunung pada satu lokasi yang sama. Tidak hanya gunung, tempat ini juga memiliki padang pasir luas yang sama sekali tidak panas, serta padang rumput nya yang indah dan sejuk. Berbagai macam aktifitas dan kesan ketenagan yang diberikan membuat kita merasa nyaman dan nikmat membuat Taman Nasional ini memiliki keseimbangan. Sepadan bagi yang berusaha berangkat pagi-pagi sekali dari kota karena jaraknya yang cukup jauh sekitar 2 jam untuk melihat pemandangan sunrise dan berfoto bersama.

Sumber :
-          Ensiklopedia Populer Anak
-          www.dephut.go.id/uploads/informasi/TN%20INDO-ENGLISH/tn_bromo.htm

Kamis, 27 Maret 2014

Analisis Puisi

Makna dari Puisi
    Puisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki artian ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Perubahan di bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusu lewat penataan bunyi.
    Puisi berbeda dari bentuk-bentuk sastra lain. Biasanya, puisi terikat oleh irama dan sajak. Dalam puisi yang berirama, tekanan atau tempo dalam tiap baris mengikuti pola yang berulang dalam tiap bait, seperti bait dari sebuah lagu. Dalam puisi yang bersajak, baris-barisnya diakhiri kata yang berbunyi sama. Penyair menikmati kata-kata yang bersajak-dan berirama.
    Puisi yang fibacakan dapat lebih dihayati, baik oleh pendengar ataupun pembacanya jika diperhatikan aspek lafal, nada, intonasi, dan tekanannya. Lafal meliputi kejelasan kita dalam mengucapkan kata-kata dalam puisi. Nada meliputi cara suasana kita membawakan puisi yang bernuansa sedih, semangat, atau bahkan syahdu. Adapun intonasi puisi yang dibacakan menyangkut bagaimana kita membuat jeda antarkata ataupun antarbaris dalam puisi.
    Memahami puisi merupakan kegiatan apresiasi. Untuk memahami sebuah puisi kita harus memahami pilihan kata dan gaya bahasa yang digunakan penyair dalam puisinya. Pilihan kata akan menimbulkan rasa bahasa dan keindahan puisi.
Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba menjelaskan puisi karya Apip Mustofa berjudul "TUHAN TELAH MENEGURMU" yang memiliki pemilihan kata yang menarik.

 
TUHAN TELAH MENEGURMU

Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat perut anak-anakyang kelaparan

Tuhan teleh menegurmu dengan cukup sopan
Lewat semayup suara adzan

Tuhan telah menegurmu dangan cukup menahan kesabaran
Lewat gempa bumi yang berguncang
Deru angin yang meraung-raung kencang
Hujam dan banjir yang melintang-pukang

Adakah kau dengar?

                                                     (Laut Biru Langit Biru, 1977)
                                                                Karya Apip Mustopa
    Puisi tersebut menggunakan pilihan kata yang menarik yaitu “menegur” yang berarti sama dengan mengingatkan. Dalam puisi ini penyair mencoba menjelaskan tentang berbagai macam teguran atau peringatan Tuhan kepada manusia. Walaupun sudah diperingatkan berkali-kali dengan sopan, Tuhan pun harus menahan kesabaran-Nya. Ini terbukti dari kalimat “cukup sopan” dan “menahan kesabaran” dari puisi diatas.
    Dalam puisi ini juga digunakan gaya bahasa yang dapat menguatkan makna puisi. Baris puisi “Deru angin yang meraung-raung kencang” menggunakan gaya bahasa penginsanan(personifikasi), yaitu menganggap benda mati memiliki kemampuan seperti makhluk hidup. Selain majas personifikasim banyak majas lain yang sering muncul dalam puisi.
    Tentunya setelah bisa memahami kira-kira bagaimana pembacaan puisi dengan baik, kita dapat menentukan bagaimana lafal, nadan tekanan, hingga intonasi yang baik. Misalnya, puisi tersebut dibacakan dengan lafal yang jelas dan nada yang begitu syahdu. Adapun tekanannya digunakan di berbagai baris tertentu dengan intonasi yang jelas di bagian tertentu pula.                       

Rabu, 19 Maret 2014

Kebudayaan Yunani Kuno

Yunani Kuno

    Pengetahuan, hakikat, maupun sejarah perkembangan ilmu merupakan sebuah masalah didalam filsafat. Pada Yunani Kuno, ilmu dipandang sebagai bagian dari filsafat. Ilmu dulu dipandang sebagai disiplin tunggal yang bersifat dinamis. Pada masa keemasan, Yunani terdiri atas kota-kota dengan pemerintahan berdaulat, yakni negara-kota. Salah satunya adalah Athena yang merupakan negara-kota terpenting dengan pelabuhan hebat di Piraeus.

Manusia Yunani Kuno

     Kreta adalah pulau terbesar di Yunani yang terletak di selatan Yunani. Peradaban pulau Kreta ini disebut-sebut merupakan cikal-bakal dari peradaban manusia di Yunani. Peradaban Pulau Kreta ini muncul sekitar tahun 3000SM dan mecapai puncaknya pada 1500 SM. Dikarenakan letak Yunani yang strategis di perairan Laut Tengah.
     Bangsa Yunani merupakan campuran antara penduduk asli dan pendatang yang berasal dari padang rumput sekitar Laut Kaspia. Mereka termasuk Ras Indo Jerman yang disebut bangsa Hellas. Mereka berimigrasi sejak tahun 1400 Sebelum Masehi, kemudian menetap di berbagai daerah. Suku bangsa Doria menetap di jazirah Peloponesos dengan polis utamanya Sparta. Suku bangsa Ionia menetap di jazirah Attica dengan polis utamanya Athena. Suku bangsa Aeolia menetap di Yunani Utara dengan polis utamanya Delphi.
     Kehidupan masyarakat Yunani yang mendiami wilayah beriklim mediteran yang selalu hangat dan segar memungkinkan bersikap optimis dan berwatak riang. Suasana langit yang terang tanpa banyak awan di daerah Attica (Athena) juga menyebabkan semangat penduduknya tinggi dan kreasinya menonjol.

Kebudayaan Yunani Kuno

     Banyak kalimat, monumen, gagasan, dan acara hiburan berakar pada Yunani Kuno. Sekitar 2.500 tahun  lalu, Yunani membangun masyarakat yang menjadi paling berpengaruh di dunia. Arsitek Yunani merancang gaya bangunan yang ditiru hingga kini. Para filsuf Yunani mengajukan soal-soal tentang hakikat hidup, yang hingga kini masih ramai dibahas. Teater modern berawal dari sandiwara Yunani Kuno yang digelar dipanggung terbuka ribuan tahun yang lalu. Demokrasi ( pemerintahan rakyat ) pertama di dunia dijalankan oleh bangsa Yunani  di Athena. Tapi hanya orang bebas kelahiran Athena yang berhak bicara dalam pemerintahan.
     Yunani Kuno melewati banyak fase peradaban dan kebudayaan. Zaman keemasan berlangsung sekitar tahun 600-300 SM. Ketika itu seni dan budaya maju pesat. Peradaban ini akhirnya ditaklukan Makedonia, yang dipimpin oleh Filipus dari Makedon. Tapi Alexander Agung (Iskandar Zulkarnaen), putra Filipus, meneruskan peradaban itu dengan menyebarkan kebudayaan dan pemikiran orang Yunani ke seluruh Timur Tengah dan Afrika Utara. Yunani merupakan salah satu pusat peradaban dan kebudayaan tertua di Eropa.
     Bangsa Yunani terbentuk dari percampuran bangsa pendatang dari laut Kaspia dan dan penduduk asli yang terdiri dari petani. Mereka membentuk suatu kelompok – kelompok kota yang disebut Polis. Polis-polis yang terkenal adalah: Athena, Sparta dan Thebe.
 
Letak Geografis
     Yunani terdiri atas banyak negara-kota dan koloni yang tersebar di seluruh wilayah Laut Tengah. Letak geografis Yunani terletak di Ujung Selatan Semenanjung Balkan. Selain di daratan tersebut wilayahnya juga meliputi pulau di Laut Aegeia. Batas-batas Yunani sekarang ini di utara berbatasan dengan Albania, Macedonia, Bulgaria dan Turki, di timur adalah Laut Aegeia, di selatan adalah Laut Tengah dan di barat adalah Laut Ionia.
      Sebagian besar wilayah Yunani bergunung-gunung sehingga antar wilayah terpisah antara satu dengan yang lain. Tiga puluh prosen daerahnya berupa daratan rendah yang terdapat di dekat laut dan terbentuk oleh endapan lumpur sungai. Sisanya berupa jazirah yaitu Peloponesos dan Attica. Gunung-gunung dan teluk-teluk di Yunani yang tak terhitung banyaknya pada waktu itu menghalangi komunikasi melalui darat.
Yunani terdiri atas banyak negara-kota dan koloni yang tersebar di seluruh wilayah Laut Tengah

    Sulitnya mendapatkan komunikasi melalui darat yang disebabkan oleh banyaknya gunung-gunung dan teluk-teluk, hanya laut lah jalur Yunani untuk menghubungkan diri dengan dunia luar. Bangsa Athena memiliki angkutan laut serta angkatan laut yang tangguh. Armadanya terdiri atas lebih dari 200 kapal perang trireme yang merupakan kapal yang digerakkan oleh layar persegi dan 170 orang pendayung yang duduk dalam tiga tingkat. Taktik perangnya meliputi mendayung sekuat-kuatnya dan mendobrak kapal musuh. Pada tahun 480 SM angkatan laut Athena menghancurkan angkatan laut armada Persia dalam laut di Salamis.

HUKUM DAN PEMERINTAHAN YUNANI

Antara wilayah-wilayah di Yunani tersebut sulit untuk berhbungan yang disebabkan oleh alam yang berbukit-bukit, sehingga jadilah kota-kote yang disebut Polis. Ada dua polis yan terkenal yaitu:

Athena
     Athena adalah polis terpenting dengan pelabuhan terhebat di Piraeus. Sebagai pusat peradaban dan budaya Yunani, Athena memikat banyak pengarang sandiwara dan filsuf seperti Socrates. Rakyat menjalankan sistem demokratia (demokrasi). Mereka berkumpul di Agora (pasar) untuk berbelanja dan berbincang-bincang. Acropolis (kota tinggi) menjulang di ketinggian Athena.
Sistem Demokrasi diperkenalkan oleh Solon (638 SM-559 SM). Dengan sistem itu, kekuasaan berada di tangan dewan rakyat. Pelaksanaan pemerintahan dilakukan oleh sembilan orang Archon yang setiap tahun diganti. Para Archon diawasi oleh Aeropagus (Mahkamah Agung) yang para anggotanya berasal dari mantan anggota Archon. Athena banyak menghasilkan para filosof yang pemikirannya sangat berpengaruh pada kehidupan manusia hingga dewasa ini.

Sparta
     Kehidupan warga Sparta, polis kota terbesar kedua di Yunani, bertumpu pada perang. Mereka menjalani disiplin hidup yang ketat. Kaum pria mulai latihan militer pada usia 7 tahun dan menjadi tentara sampai usia 60 tahun. Kaum wanita menjaga kebugaran dengan berlari dan bergulat. Prajurit infanteri Sparta ditakuti di seluruh Yunani. 
Pemerintahan Sparta didasari oleh pemerintahan yang bergaya militeristik. Pola ini    diperkenalkan oleh Lycurgus tahun 625 SM. Pemerintahan dipegang oleh dua orang raja, sementara pelaksana tertinggi dipegang oleh suatu dewan yang bernama Ephor yang terdiri dari lima orang. Setiap Ephor memiliki dewan tua yang berusia lebih dari 60 tahun, yang bertugas untuk mempersiapkan UU yang diajukan kepada dewan rakyat (perwakilan dari semua warga kota).

     Keberadaan polis-polis di Yunani mengakibatkan mereka saling bersaing dalam memperebutkan hegemoni kekuasaan atas wilayah Yunani. Sehingga tidaklah mengherankan apabila di Yunani selalu terjadi peperangan di antara sesama polis-polis tersebut. Tetapi, datang tentara Persia yang akan menginvasi daerah Yunani, maka polis-polis yang ada di Yunani terutama Spharta dan Athena, bersatu untuk menghadapi Persia tersebut.

Kebudayaan Kepercayaan Yunani Kuno
     Masyarakat Yunani banyak yang memiliki kepercayaan untuk meyembah dewa-dewa atau biasa disebut Polytheisme. Masyarakat Yunani juga percaya bahwa adanya  manusia setengah dewa. Selain itu, masyarakat Yunani juga percaya pada ramalan delphi yaitu sebuah kota tempat tinggal sejumlah dewa. Jika mereka akan melaksanakan suata pekerjaan atau perang besar, mereka akan datang ke delphi untuk memperoleh berkah dan petunjuk.
     Berbeda dengan sikap orang Timur terhadap Dewa yang dipandang sebagai pribadi yang disembah karena takut. Dewa-dewa bagi orang timur merupakan roh atau digambarkan sebagai penguasa alam dan ada yang berwujud binatang, sedangkan masyarakat Yunani menggambarkan dewa-dewa yang disembahnya bertubuh dan berperilaku seperti manusia. Menurut pandangan orang Yunani, dewa-dewa itu memiliki tubuh seperti manusia tetapi lebih besar, lebih indah serta tidak dapat mati. Dewa-dewi memiliki sifat seperti manusia, ada yang baik dan buruk. Dewa-dewi berkeluarga, berperang dan bersaing untuk mempertahankan kekuasaan.


Peninggalan Kebudayaan Yunani Kuno

Seni
     Sastrawan terkenal dari Yunani adalah Homerus yang menulis kitab Illiad dan Odysseia. Kedua kitab tersebut berkaitan erat dengan kejadian sejarah yang disebut perang Troya. Kota Troya terletak di Semenanjung Anatolia di Selatan Selat Dardanella. Seorang peneliti dari Jerman yang bernama Heinrich Schlieman telah menemukan beberapa bukti peninggalan peradaban kota Troya seperti yang dilukiskan dalam karya Komerus tersebut. Kitab Illiad menceritakan kejadian perang Troya yang disebabkan karena puteri Helena dari Sparta dilarikan oleh Pangeran Paris dari Troya. Terjadilah peperangan antara raja Agamemmon dari Yunani dengan raja Priamus dari Troya. Pahlawan Troya yang bernama Hector dapat dikalahkan oleh pahlawan Yunani yang bernama Achilles. Tentara Yunani dapat memenangkan perang melalui siasat “Kuda Troya” atas ide raja Odysseus.

Selain seni sastra, masyarakat Yunani juga menyukai seni drama. Seni drama lahir di Athena. Seni ini bermula dari nyanyian dan akting sebagai bagian perayaan keagamaan untuk menghormati Dewa Dionisus. Penonton menyaksikan serangkaian sandiwara. Di akhir perayaaan, sandiwara dan aktor terbaik diberi hadiah. Berawal dari perayaan ini, para dramawan seperti Sophocles dan Aristophanes mulai menulis cerita tragedi dan komedia. Tragedi berkisah tentang derita yang luar biasa, sedangkan komedi menonjolkan dagelan dan sindiran yang kasar.
     Yunani kuno juga dikenal karena seni pahatnya. Pada awalnya seni patung/pahat Yunani menghasilkan patung seperti patung bangsa Mesir, kemudian dikembangkan menjadi lebih hidup dengan gaya naturalis. Patung dibuat dari marmer dan perunggu. Pemahat yang terkenal di Yunani bernama Phidias, sedangkan arsitek bangunan yang terkenal antara lain bernama Ikhtinus. Seni pahat menghasilkan berbagai patung para dewa maupun tokoh yang terkenal misalnya Dewa Zeus, Perikles, Plato, Aristoteles dan lain-lain. Pada masa pemerintahan Perikles seni bangunan Yunani berkembang pesat. Peninggalan bangunan kuno Yunani antara lain kuil pemujaan. Di bukit Acropolis berdiri megah kuil Parthenon dan kuil Erechteum yang di dalamnya terdapat patung dewi Palas Athena.
     Masyarakat Yunani kuno juga mahir dalam memahat lukisan vas. Lukisa tembikar Yunani menggambarkan hidup sehari-hari Yunani Kuno. Lukisan sering berkisah tentang suasana yang menyentuh. Ada juga lukisan  tentang dewa-dewi mereka.

Kuda Troya
Kuda Troya merupakan sebuah kuda kayu raksasa yang di dalamnya digunakan untuk bersembunyi tentara Yunani. Kuda tersebut diletakkan di luar benteng kota Troya. Orang Troya tertipu, kuda kayu dikira hadiah lalu ditarik ke dalam benteng. Ketika dibuka tentara Yunani berhamburan dan menyerang secara mendadak. Sementara itu armada yang berpura-pura meninggalkan Troya datang kembali ikut menyerbu. Sehingga pasukan Troya mengalami kekalahan.

Filsafat dan Ilmu Pengetahuan
     Para filsuf besar dari Athena mempengaruhi ilmu pengetahuan dan budaya Yunani selama abad ke-5 dan ke-4 SM. Socrates merupakan salah satu filsuf terkenal. Ia membahas arti dan tujuan hidup. Ia juga secara cerdik bertanya kepada orang-orang dan sering membuktikan bahwa ide-ide mereka salah. Socrates tidak menulis buku. Tapi muridnya, Plato, menjadikannya pokok bahasan dalam banyak bukunya.
Socrates (469-399 SM)
     Plato sendiri telah banyak menulis buku, salah satunya berjudul Republica. . Dalam buku tersebut diuraikan tentang kebahagiaan hidup yang dapat dicapai bila manusia bekerja dengan wataknya dan wanita diangkat derajatnya. Plato juga mendirikan pusat pendidikan bernama Academus.
     Aristoteles adalah murid Plato, merupakan ahli di bidang biologi dan ketatanegaraan. Karyanya yang terkenal antara lain Klasifikasi Flora dan Fauna di Kepulauan Aegeia. Di bidang ketatanegaraan, ia berpendapat bahwa sistem pemerintahan yang baik adalah republik. Pemerintahan yang baik mengutamakan kebahagiaan sebesar-besarnya untuk seluruh rakyat. Aristoteles adalah pendiri pusat pendidikan bernama Peripatetis. Salah seorang muridnya ialah Alexandar Agung (Iskandar Zulkarnaen), raja Macedonia.

Kemajuan lain bangsa Yunani di bidang ilmu pengetahuan dapat dilihat dari deretan illuwan sebagai berikut:
1.    Pythagoras
2.    Hipokrates
3.    Archimedes
4.    Thales
5.    Analisagoras
6.    Democritus
7.    Euclid
8.    Herodotus
9.    Thucydides

FAQ
Q: Dimanakah letak geografis dari Yunani?
A: Letak geografis Yunani terletak di Ujung Selatan Semenanjung Balkan. Batas-batas Yunani sekarang ini di utara berbatasan dengan Albania, Macedonia, Bulgaria dan Turki, di timur adalah Laut Aegeia, di selatan adalah Laut Tengah dan di barat adalah Laut Ionia.

Q:Apa saja Polis terkenal di Yunani dan sistem pemerintahannya?
A: - Athena,  dengan sistem pemerintahan demokratia (demokrasi).
     - Sparta, sistem pemerintahan Sparta didasari oleh pemerintahan yang bergaya  militeristik

Kesimpulan
     Kebudayaan Yunani kuno yang berumur berabad-abad lamanya masih tetap memengaruhi kebudayaan di dunia sampai saat ini. Baik novel, kisah para dewa Yunani, makhluk mitologi Yunani, sampai kesenian nya pun masih marak dibicarakan. Kebudayaan Yunani kuno merupakan salah satu kebudayaan paling terkenal di dunia.

Sumber
     - Ensiklopedia Umum untuk Anak
     - Manusia, Sains dan Kebudayaan
     - http://content.time.com/time/specials/packages/article/0,28804,2064099_2064107_2064116,00.html




     

Senin, 25 November 2013


Dinas Pendidikan Dibobol Maling Saat Hari Guru


Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung di Jalan Ahmad Yani No 239, Kecamatan Sumur, Kota Bandung dibobol kawanan maling. Nahasnya, kejadian ini baru diketahui saat peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada Senin (25/11/2013).

Diduga, maling yang berjumlah lebih dari satu orang beraksi pada malam hari, saat para pegawai libur kerja. Dari pantauan, ada sekitar empat ruangan yang dibobol, yakni ruang Subag Keuangan, ruang Bidang PSMAK, Bidang PSMP, dan ruang Sekretariat Vokasi.

Hingga pukul 10.15 WIB, Tim Inafis Polrestabes Bandung dan anggota Polsekta Sumur Bandung masih melakukan olah TKP. Dilokasi polisi berusaha mengumpulkkan sejumlah barang bukti yang ditinggal pelaku.

"Tadi saya mendapat laporan pukul 07.00 WIB. Langsung saya kesini. Setelah dicek langsung lapor kepada pihak kepolisian. Saya juga minta ruangan disterilkan agar tidak mengganggu polisi saat melakukan identifikasi," tutur Plt Kadisdik Kota Bandung, Dadang Supriyatna, di lokasi kejadian.

Pihaknya menduga para pelaku beraksi pada Senin malam saat penjagaan tengah kosong. Pasalnya pada hari Sabtu dan Minggu malam masih ada dua penjaga yang berada di lingkungan kantor.

"Untuk jumlah dan apa saja yang hilang masih belum ada datanya. Sekarang saya akan meminta para staf dan pemilik ruangan mendata apa saja yang hilang," bebernya.

Dari informasi yang dihimpun wartawan, para pelaku berhasil membawa sembilan unit monitor komputer dan satu televisi. Sementara satu brankas tidak sempat diambil isinya oleh para pelaku meski terlihat bekas congkelan.

Sementara itu, usai melakukan olah TKP, tim dari kepolisian langsung meninggalkan lokasi sekitar pukul 10.45 WIB dengan membawa beberapa barang bukti. 

Opini saya : Sungguh memprihatinkan pada saat hari guru di Indonesia, kantor Dinas Pendidikan dibobol oleh kawanan maling. Ini membuktikan tingkat keamanan pada kantor tersebut masih rendah sehingga bisa dibobol oleh maling. Jika memang pada saat hari itu para pegawai libur, akan lebih baik jika satpam tetap diperkerjakan, atau bila mungkin memasang alarm anti maling yang akan berbunyi keras jika terjadi adanya perusakan pada saat pintu masuk atau pada saat pembobolan.

Jumat, 15 November 2013


Diguyur Hujan, Jakarta Macet Parah



Hujan deras yang mengguyur wilayah di ibukota membuat arus lalulintas di sejumlah titik. Misalnya di kawasan Monas, Jakarta Pusat, arus lalulintas cukup padat. Terlebih ada aktivitas demo di depan balaikota.   

Selain di kawasan Monas, berdasarkan info TMC Polda Metrojaya kepadatan juga terlihat di Jalan Kemang Timur Duren Bangka. Kemacetan di kawasan ini akibat adanya banjir 50-60 senti meter.

Kemudian kemacetan juga terjadi di Radin Inten arah ke Buaran, Jakarta Timur. Di kawasan Jakarta selatan genangan di banyak titik, seperti di Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Arus lalulintas juga tersendat.

Genangan air juga terlihat di depan kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Begitu juga genangan air di perempatan Kuningan.

"Macetnya parah. Biasa hujan dikit langsung banjir," kata Solihin pengendara sepeda motor.

Banjir ini menyebabkan lalulintas di Jakarta macet parah. Kemacetan ini disebabkan banyaknya genangan air akibat hujan sore hari. Berdasarkan info TMC Polda Metrojaya diantaranya terjadi di sejumlah lokasi, diantaranya:

Banjir sedalam 30 sentimeter di Jalan Raden Inten/Buaran arah BKT dan lalulintas tersendat, Banjir di samping Stasiun Tanjung Barat (arah ke Margonda) dan lalin tersendat. 

Kemudian banjir 30 sentimeter di Underpass Cawang (MT Haryono menuju Halim) dan lalin tersendat. Banjir 20 sentimeter di UI Jalan Salemba Raya. Banjir di depan Sevel Jalan Cikini Raya.

Selain itu genangan juga terpantau di dpn Sevel Jalan Cikini Raya. Banjir di Traffic Light Kebon Nanas Jatim dan lalin tersendat. Banjir di Jl. Rasuna Said Jaksel.

Opini Saya : Jakarta yang sekrang sudah semakin padat sehingga menyebabkan macet dimana-mana, ditambah lagi dengan masalah banjir yantg sampai saat ini masih belum terselesaikan membuat Jakarta semakin kacau saja. Akan lebih baik jika masyarakat Jakarta itu sendiri mengubah gaya hidupnya, seperti tidak membawa kendaraan pribadi dan memilih untuk memakai kendaraan umum. Jika hal itu dilakukan secara memasyarakat, tentu akan mengurangi volume kendaraan di jalanan. Masyarakat juga harus tidak membuang sampah disembarang tempat untuk mengurangi salah satu penyebab banjir di Jakarta.